kenapa PETI marak terjadi?

Alasan awal kenapa mereka bertahan menjadi Penambang Ilegal

Hampir seluruh orang yang tinggal didesa ini bermata pencharaian sebagai petani, jarang yang ada bekerja dengan tetap, bahkan tidak ada waktu untuk memenuhi kebutuhan tersier semua berpikir bagaimana saya bisa makan hari ini.
 Sangat berbeda jika kita membandingkan hidup mereka dengan keadaan yang ad di kota. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa mereka bertahan untuk memperrtahankan pekerjaan mereka meskipun merupakan pekerjaan yang terlarang (Ilegal). 
Kita sejujurnya juga tidak dapat menyalahkan mereka, apa yang mereka lakukan sesungguhnya adalah untuk memenuhu kubutuhan keluarga dan sekolah anak-anak mereka, “kade na’ ada karaja nia, ngagoa makan kamae kami? Mao dibare makan ahe na bini anak ku ana?” (kalo pekerjaan ini tidak ada, mau cari makan dimana lagi kami? Harus bagaimana saya akan memberi makan istri dan anak-anak saya?” wawan (38), salah seorang penambang emas yang hanya mengantongi pendidikan tamatan kelas 4 SD ini.
Beda lagi menurut pendapat jo**** “ sebenarnya kami juga tidak mau melakukan ini, ini merupakan pekejaan yang terlau berat buat kami, dan juga terlalu banyak mengundang masalah buat kami, bahkan buat lingkungan kami, sebenarnya kami mau berubah, cuma memang selama ini belum ada keseriusan dari pemerintah setempat untuk menolong kami, karena memang sejujurnya inilah yang menolong saya untuk menyekolahkan anak-anak saya” dengan muka serius menceitakan keadaannya.
Memang yang terutama dalam masalah ini adalah titik temu antara pemerintah setempat dengan masyarakat yang juga membutuhkan bimbingan dari pemerintah, pemeritah tidak dapat dengan depenuhnya bagi mereka yang melakukann pertambangan emas ini, dan masyarakat pun tidak bisa mengantungkan seluruh pekerjaan mereka dengan melakuakan pertambangan ini, karena memang sifatnya yang sementara dan sangat merusak.
Hanya berharap supaya masalah ini dapat terselesaikan dengan baik, tanpa ada yang meras dirugikan. Karena memang telah banyak akibat negatif yang ditimbulkan oleh pertambangan ilegal ini, baik dari lingkungan bahkan korban nyawa ( anda dapat membaca Korban Nyawa dari pertambangan Emas Ilegal, klik disini ).
(sumber: babungaOffice)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar